Jumat, 24 Juni 2016

Membuat boneka lucu dari kaos kaki

Pernahkah anda terburu-buru untuk pergi ke sekolah atau kerja, namun ketika semua telah siap ternyata kaos kaki anda hanya tinggal sebelah. Hal itu memang sangat menjengkelkan, namun jngan terburu-buru untuk melemparkan kaos kaki yang sebelah tadi kedalam tempat sampah atau tempat-tempat pembuangan lainya. Dalam tutorial kali ini, kaos kaki yang sebelah dan biasanya membuat jengkel tadi dapat diubah menjadi boneka yang lucu dan imut. Seni ini biasa dikenal sebagai sock doll atau bahasa indonesianya boneka kaos kaki.

Alat dan bahan 
1. Kaos kaki bekas
2. Dacron
3. Kain flanel putih secukupnya
4. Kancing (sedang untuk hidung)
5. Mote kecil untuk mata (2 buah)
6. Gunting
7. Curtter
8. Benang dan jarum
9. Pinset
9. Pulpen

TAHAP 1
Buat pola menggunakan pulpen seperti gambar dibawah, dalam membuat pola/mal pertimbangkan besar kepala, tangan dan badan agar terlihat serasi.

TAHAP 2
Potong pola sesuai gambar, kemudian buat lubang dengan cara memotong bagian bawah kaos kaki. Bagian ini nantinya akan berfungsi sebagai lubang untuk memasukkan dacron.
TAHAP 3
Setelah bagian kepal selesai lanjutkan dengan membuat bagian tubuh lainnya. Jahit bagian ujung kaki, ujung tangan, dan pada bagian kepala menggunakan jarum dan benang. Usahakan menggunakan warna benang yang sama dengan warna kaos kaki.

TAHAP 4
Setelah selesai di jahit masukkan dacron secukupnya, setelah selesai di isi dacron tutup kembali dengn cara di jahit.  

TAHAP 5
Siapkan kain flanel warna putih dan potong dengan bentuk oval. Bagian ini akan berfungsi sebagai mulut teddy bear, jadi usahakan kain flanel di potong dengan ukuran yang pas (lihat gambar). Jahit bagian pinggir kain flanel dengan kepala teddy bear, sisakan beberapa centimeter untuk memasukkan dacron. Setelah dacron selesai di masukkan tutup atau rapatkan jahitan.

TAHAP 6
Lakukan sesuai dengan tahap 4 pada bagian tubuh lainnya, yaitu mengisi bagian tubuh dan tangan menggunakan dacron. Satukan bagian-bagian tersebut dengan cara di jahit menggunakan jarum dan benang. Setelah selesai tambahkan kancing sebagai hidung dan dua buah mote kecil sebagi mata. Tambahkan mulut pada bagian bawah hidung menggunakn benang warna hitam. 


HASIL AKHIR
Untuk mempermanis tampilan teddy bear tambahkan flanel putih pada bagian perut, dan teddy bear lucu dari kaos kaki bekas telah jadi.


Selamat berkreasi..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar